Punya Nasabah Spekulan Emas, Dua Bank Syariah Diperiksa BI

Written By Unknown on Tuesday, September 25, 2012 | 4:00 PM

Jakarta - Bank Indonesia (BI) akan melakukan pemeriksaan terhadap sebanyak 2 Bank Syariah terkait adanya permasalahan dengan nasabah produk emas.

Direktur Eksekutif Departemen Perbankan Syariah BI Edy Setiadi mengakui dalam pelaksanaan fasilitas gadai emas, ternyata ada beberapa nasabah bank yang menggunakan fasilitas tersebut di luar dari tujuan awalnya, yaitu membantu masyarakat yang membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan hidupnya. Pasalnya, fasilitas ini kemudian digunakan untuk melakukan spekulasi harga emas.

"Praktik-praktik di lapangan dipandang tidak seharusnya terjadi bukan di luar ketentuan. Contohnya gadai emas boleh, gadai emas, beli emas lagi, gadai lagi, beli lagi, jadi bukan untuk keperluan yang mendesak," ujar Edy dalam diskusi di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (25/9/2012).

Menurut Edy, dari 4 bank syariah yang mengajukan fasilitas gadai emas ini ada 2 bank yang terkait masalah spekulasi harga emas dengan nasabahnya. Salah satunya adalah BRI Syariah yang terkait kasus dengan Butet Kertarajasa.

"Rupanya yang menerapkan seperti itu tidak semua bank, hanya 1-2 bank," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Edy, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap bank tersebut mengenai pengawasan dan promosi fasilitas tersebut. Selain itu, BI juga meminta untuk mengurangi portofolio untuk pelaksanaannya.

"Kedua bank ini akan dilihat misalkan komisaris tidak lengkap, pengawasnya tidak berfunsi. Nasabah dipanggil, lihat adakah masalah dokumen, kita lihat dokumen saja. Kalau ngeliat itu, memang dia cari untung. Tapi kita lihat juga brosurnya, siapa tahu brosurnya menyesatkan," pungkasnya.

(nia/dru)


Anda sedang membaca artikel tentang

Punya Nasabah Spekulan Emas, Dua Bank Syariah Diperiksa BI

Dengan url

http://laurafanbasuki.blogspot.com/2012/09/punya-nasabah-spekulan-emas-dua-bank.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Punya Nasabah Spekulan Emas, Dua Bank Syariah Diperiksa BI

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Punya Nasabah Spekulan Emas, Dua Bank Syariah Diperiksa BI

sebagai sumbernya

0 komentar:

Post a Comment

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger